Gus Irawan Pasaribu Apresiasi Pj Bupati Tapteng Terkait Penjelasan Soal Kinerja APBD

Langkah penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Tengah Sugeng Ryanta yang memberikan penjelasan terbuka kepada masyarakat tentang kinerja APBD Tapanuli Tengah 2023 mendapat apresiasi dari Gus Irawan Pasaribu.

topmetro.news – Langkah penjabat (Pj) Bupati Tapteng Sugeng Ryanta yang memberikan penjelasan terbuka kepada masyarakat tentang kinerja APBD Tapanuli Tengah 2023 mendapat apresiasi dari Gus Irawan Pasaribu.

Politisi Gerindra yang juga anggota DPR RI Komisi 11 membidangi keuangan itu menilai, langkah Sugeng tersebut menjadi hal penting dalam rangka menegakkan asas transparansi dalam pengelolaan pemerintahan.

“Ini saya kira menjadi sikap yang harus kita apresiasi. Dan ini menjadi terobosan baru dalam hal keterbukaan informasi publik,” kata Gus Irawan kepada wartawan, Rabu (3/1/2024).

Gus Irawan menilai, pernyataan terbuka berikut data penggunaan APBD Tapanuli Tengah 2023 dalam bentuk keterangan resmi kepada kalangan pers, Forkopimda, para tokoh agama hingga partai-partai politik itu, juga harus dimaknai sebagai bentuk keinginannya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat memahami kondisi keuangan daerah.

Hal ini, lanjutnya, menjadi penting, sebab kinerja keuangan daerah akan sangat berkaitan erat dengan realisasi program pemerintah. “Dalam hal ini saya juga menilai kinerja keuangan sangat bagus. Di mana realiasi pendapatan mencapai 97,38 persen dari target,” ungkapnya.

Politisi berlatar belakang pendidikan akutansi ini menambahkan, capaian pendapatan beserta surplus anggaran mencapai Rp64 miliar itu, juga merupakan hal yang sangat baik.

“Apalagi bisa kita lihat surplus itu bukan karena program yang tidak dijalankan. Melainkan dari penghematan dari sisi belanja rutin. Artinya tidak ada program untuk kepentingan masyarakat yang tertahan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pj Bupati Tapanuli Tengah Sugeng Ryanta mengeluarkan rilis resmi terkait kinerja keuangan Pemkab Tapanuli Tengah selama 2023. Dalam rilis tersebut, Sugeng menjabarkan secara rinci seluruh kinerja keuangan. Termasuk surplus keuangan yang tercatat pada akhir masa pembukuan 31 Desember 2023.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment